![]() |
Bluebird |
Siang tadi saya kebetulan ada di
daerah Mampang dan hendak berangkat ke suatu tempat. Seperti biasa saya pesan
pake aplikasi Gojek, dan memesan Go BlueBird. Saya jarang pake uang cash karena
terbiasa pake GoPay. Semua itu memudahkan saya selama di Jakarta, jadi tidak
perlu lagi bawa mobil kemana-mana. Pusing ada ganjil genapnya.
Tunggu punya tunggu, ternyata
taksi BlueBird yang saya pesan tidak datang, bahkan tidak ada komunikasi. Saya
mengalah, oke saya telepon. Ternyata nomer telepon pun tidak aktif.
Ketika melihat aplikasi, saya
kaget, karena di aplikasi sudah tertera bahwa taksi itu sudah "berjalan
bersama saya". Lah, taksi dimana, saya dimana, kok bisa saya sudah
diangkut oleh pengemudi? Dan saya lihat di aplikasi Gojek, taksi tidak beranjak
ditempatnya, tetap disitu saja.
Karena terburu-buru, saya cegat
taksi lain dan saya berangkat ke tujuan.
Dalam perjalanan saya cek isi
GoPay saya, ternyata sudah berkurang. Yah, sebenarnya tidak seberapa, tapi bagi
saya ini pencurian. Inilah kelemahan GoPay, tidak mampu mencegah ketika driver
sudah menyedot isi GoPay.
Saya yakin banyak orang yang
seperti saya. Hanya mungkin karena jumlah yang disedot tidak seberapa, jadi
malas komplainnya. Saya juga begitu awalnya, tapi mikir, ah siapa tahu saya
bisa berbagi pengalaman serupa.
Itu pengalaman hari ini, jadi
was-was kalau ada driver nakal yang melakukan hal yang sama. Untuk sementara
saya pakai cash dululah, biar aman. Masih untung cuman kena 23 ribu, bayangkan
kalau saya pake ke Bandara, yang bisa habis lebih dari 100 ribu rupiah.
Tadinya mau salahin Jokowi, biar
kekinian. Kan enak, lempar ke Jokowi, habis perkara.
Udah ah, tidur dulu. Pengen gaya
terbalik mirip kampret malam ini, tapi kok susah. Apalagi terbalik sambil
seruput kopi, lebih parah.
Heran, para kampret kok jagoan
yaaa.