Sabtu, 15 Desember 2018

KARDUS

KPU
Karton KPU
Lagi rame masalah kotak suara dari kardus yang disediakan KPU..

Netizen yang maha benar kemudian berargumentasi bahwa kardus buat kotak suara itu tidak akan tahan air, sehingga jika kena hujan saat diangkat bisa merusak kertas suara di dalamnya. Malah ada yang lebih ekstrim berpendapat bahwa ini akal-akalan KPU untuk memainkan penghitungan suara.

Dan siapa yang salah karena itu?? Jokowi lagi...

Sebenarnya istilah kardus kurang tepat untuk kotak suara itu, yang tepat adalah karton. Dan pengadaan karton itu sudah sesuai dengan Peraturan KPU Pasal 7 :

(1) Kotak suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) terbuat dari bahan karton kedap air yang pada satu sisinya bersifat transparan.
(2) Kotak suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) merupakan barang habis pakai.

Jadi sudah jelas disitu bahwa KPU melaksanakan peraturan yang dibuat. Dan siapa yang menyetujui bahan karton itu ? Tentu DPR, dimana disana ada Fadli Zon, Fahri Hamzah dan kawan-kawannya. Mau salahkan Jokowi lagi kah ?

Karton kedap air ini sudah pernah diuji coba di Pemilu 2014 lalu dan tidak ada masalah. Alasan KPU menggunakan karton ini karena mudah dilipat saat distribusi dibandingkan kotak alumunium. Distribusi model lipat inilah yang menghemat lebih dari 600 miliar rupiah uang negara.

Tapi memang sebagian masyarakat kita belum terbiasa dengan model karton, karena berpuluh tahun selalu bertemu dengan model kotak alumunium.

Biasa, ada yang baru langsung bereaksi kayak istri tua protes pada suami karena ada istri muda. "Belum pernah dicoba kok berani-beraninya pake dia ?" Teriak istri tua histeris. Suami senyum2, "Kata siapa belum pernah dicoba ? Justru karena lebih enak itulah maka dibawa ke rumah.."

Kita memang harus mulai terbiasa dengan sesuatu yang baru. Memang belum langsung enak karena masih rapat, tapi lama-lama kan longgar juga..

Wusssss.. prang !!! Cangkir kopi melayang bagai piring terbang melewati wajah dengan kecepatan yang menakutkan.

"Iya iya ma.. Maaf. Nanti malam papah tidur di sofa.."

Artikel Terpopuler