Minggu, 16 Desember 2018

PAK MANTAN YANG SEDANG GELISAH

Joko Widodo
Jokowi sita harta diluar negeri
Pak mantan ini memang aktor opera sabun yang handal..

Ada saja ulahnya untuk mencoba menarik perhatian publik. Meski kadang strateginya kuno dan jadi bahan tertawaan, seperti menangis dan baperan dihadapan wartawan, buatnya yang penting bisa menjadi perhatian.

Pertanyaannya, ada apa pak mantan tiba-tiba muncul ke permukaan setelah agak lama menghilang di peredaran ?

Bisik-bisik tetangga, sebenarnya pak mantan ini sedang gelisah berat. Apalagi sejak ada kerjasama pemerintah dengan Swiss dalam Mutual Legal Assistance Treaty.

MLA ini adalah perjanjian khusus antar dua negara untuk membuka rekening kejahatan yang disimpan di bank Swiss. Seperti kita tahu banyak hasil korupsi, pencucian uang, pengemplang pajak yang disimpan di Bank Swiss dan terjaga kerahasiaannya. Tetapi itu dulu, sebelum MLA ini disepakati bersama.

Inilah yang membuat gelisah pak mantan yang pernah diisukan punya harta 9 triliun rupiah itu, dan tersebar dibanyak negara. Kesibukan pun terjadi untuk memindahkan dana dari Swiss ke negara tax haven lainnya yang masih belum ada kerjasama dengan Indonesia.

Tapi pemerintah juga pintar. Sesudah dengan Swiss, rencana mereka juga akan bekerjasama dengan Malaysia dan Singapura. Ruang gerak di persempit, pak mantan meledak.

Lalu keluarlah aksi tangis menangis itu. Sebenarnya nangisnya nangis beneran, tangis khawatir karena takut ketahuan. Tapi didesain dengan model berbeda supaya orang simpati.

Simpati ini penting, karena jika akhirnya nama mereka dibuka sebagai salah satu pemilik rekening dengan harta yang naudzubillah, mereka akan serta merta bersuara, "Kriminalisasi !!"

Pak mantan memang sedang terpojok. Karena itulah ia harus bertarung habis-habisan dengan mengeluarkan jurus andalan "Sem pak sob Ek nang Is Du Luan". Ini jurus tendangan airmata tanpa bayangan, begitu cepatnya sehingga orang tidak sadar tiba-tiba sudah terharu.

Bagaimana kisah selanjutnya ? Nanti kita bahas lagi sambil seruput secangkir kopi tiga rebuan dan tahu isi hasil ngutang dengan dipelototi ibu warung karena ambil tiga ngaku satu saja.

Seruput.

Artikel Terpopuler