![]() |
Grace Natalie |
Di grup-grup whatsapp
berseliweran video iklan Partai Solidaritas Indonesia.
Surprise juga saya melihat
videonya. Disana tampil ketua umum PSI Grace Natalie dengan penampilan berbeda.
Grace yang biasanya tampil garang di podium dengan segala visinya untuk
merevisi kembali perda syariah sampai masalah poligami, mendadak menjadi
centil, imut dan bergaya recehan.
Seorang teman sempat protes keras
terhadap video itu. "Bagaimana bisa seorang ketua umum sebuah partai
tampil dengan gaya kekanak-kanakan dan tidak ada pesan yang disampaikan ? Itu
akan meruntuhkan kredibilitas partai !" Begitu protesnya.
Saya ketawa. Hei, dunia sudah
berubah. Justru saya senang melihat gaya Grace yang meruntuhkan simbol partai
yang selama ini kita kenal angkuh, arogan, besar, lamban dan feodal. PSI
menawarkan konsep partai yang langsing, ceria, muda, independen tapi tetap
cerdas dan berwawasan.
Itulah wajah partai dan
pemilihnya ke depan.
Saya ingat film tentang Steve
Jobs, penemu apple, saat dia kembali ke perusahaannya sesudah dipecat karena
dianggap tidak sesuai visi perusahaan yang dulu ditemukannya.
Jobs pertama kali datang ke
bagian desain. Dia mengumpulkan kepala desain dan mengajak mereka berfikir liar
tentang inovasi desain yang merubah wajah komputer apple sekarang. Dan
keluarlah Mac3 yang punggungnya berwarna warni merombak pakem warna komputer
yang waktu itu senada.
Dan slogannya yang keren
"Think different".
Sesudah diluncurkan, penjualan
Mac3 melesat menjadi jutaan unit di seluruh dunia dan menyelamatkan apple dari
keruntuhan.
Kelak ke depan, wajah partai di
Indonesia akan berubah total. Mereka akan berebut generasi optimis, kreatif,
muda, berbeda dan berbahaya. Sudah gak jaman model iklan dengan gaya lagu mars
macam Perindo kemarin yang menampilkan kegagahan dan slogan-slogan. "Old
school.." kata anak muda jaman now.
Dan ketika itu terjadi, PSI sudah
membangun brandnya sejak awal. Mereka leader dalam brand dan ini posisi yang
menguntungkan. Ibarat sikat gigi, orang banyak mengenalnya sebagai Pepsodent
padahal itu merk dagang. Dan milenial adalah PSI, itu yang diharapkan.
Jadi pilpres mulai tahun 2024
nanti, sudah gak laku jualan hoaks, fitnah, saling menjelekkan, cebong dan
kampret yang selalu berseteru di media sosial. Pilpres ke depan, beradu
kreatif, dinamis dan banyak memunculkan ide humor untuk menarik penggemar.
Begitulah Indonesia ke depan. Dan
Grace Natalie juga PSI sudah memulainya sekarang.
Kalau anda tidak suka iklannya,
mungkin memang bukan anda target marketnya. Atau mungkin sudah ketuaan.
Seruput kopi dulu.