Sabtu, 23 Maret 2019

MEREKA JATUH CINTA PADA JOKOWI

Jokowi dan Warga
Awalnya warga Solo ragu pada Jokowi..

Pada saat awal Jokowi mencalonkan diri menjadi Walikota Solo pada tahun 2005, siapa yang kenal dia ?

Potongan Jokowi tidak mencerminkan sebagai seorang negarawan. Cungkring, hitam, bahkan jasnya saja kebesaran. Sama sekali tidak ada tanda-tanda bahwa satu waktu ia akan menjadi orang besar. Jangankan warga Solo, bapaknya saja tidak percaya anaknya akan menjadi Walikota.

Meski begitu, Jokowi terpilih dengan suara yang kecil sekali, sebanyak 36,52 persen suara. Jumlah suara yang mencerminkan apatisme warga Solo terhadap calon pemimpin yang pasti tidak akan pernah menjadi wakil mereka.

Tetapi Jokowi langsung menggebrak. Ia tahu, apatisme warga karena mereka belum tahu siapa dirinya. Jokowi langsung membenahi birokrasi, memindahkan pedagang bekas di alun-alun kota dan menjadikan Solo meroket ekonominya sebagai kota pariwisata dengan konsep meeting, incentive, conferencing dan exhibitions atau MICE.

Selama 5 tahun menjabat, warga Solo akhirnya tahu siapa Jokowi dan mulai jatuh cinta padanya. Mereka akhirnya meningkatkan standar kepemimpinan Solo pada level sangat tinggi dengan kinerja Jokowi.

Dan hasilnya, pada pemilihan kedua sebagai Walikota, Jokowi mendapat 90 persen suara rakyat Solo. 90 persen, gaesss.. Menang mutlak.

Rekam jejak ini yang mengantarkan Jokowi akhirnya menjadi Presiden negeri ini, ditengah krisis kepemimpinan akibat dipimpin seorang mantan militer yang lebih sibuk dengan partainya daripada rakyatnya.

Meski begitu, masih banyak yang ragu akan ketegasan dan langkah besar Jokowi membangun negeri. Yang benci pun tidak kalah banyaknya..

Tetapi 4 tahun membangun negeri, orang akhirnya tahu siapa Jokowi. Meski dihujani fitnah dan hoax, banyak yang melihat bahwa prestasi-prestasi terbesar diukir Jokowi. Tidak salah jika dari sebagian yang kemarin membencinya, mulai jatuh cinta padanya.

Entah kenapa saya yakin, ketika saat pencoblosan nanti, berbondong-bondong masyarakat baik dari dalam maupun luar negeri akan bergerak mencoblos Jokowi. Bukan untuk kemenangan dia, tetapi untuk kemenangan kita yang punya harapan lagu Indonesia Raya akan dinyanyikan dengan penuh kebanggaan di luar sana

Mencintai Jokowi dan apa yang sudah dan kelak akan dia lakukan, adalah bagian dari mencintai negeri ini..

Ah, rasanya mau seruput secangkir kopi.

Artikel Terpopuler