Sabtu, 07 Maret 2020

NEGARA PEMADAM KEBAKARAN

Corona
Pemeriksaan Suhu Tubuh
Jakarta - Ketika itu sebuah negara sedang menghadapi ancaman virus global.. Virus itu sudah menyerang banyak negara tetangga, dan menimbulkan kekacauan. Toko dan ATM di rush, orang panik dan membuat kerusuhan. Ekonomi anjlok, warga bersiap keluar dari negeri.
Presiden kemudian mengumpulkan para Menteri. Ia lalu membuat sebuah badan sementara bernama Federal Emergency. Badan itu mengikat beberapa Menteri dalam satu wadah.
Menteri Kesehatan mengurus semua hal yang berkaitan dengan virus dan penderita.
Menteri Komunikasi dan Informasi, membuat informasi satu pintu. Media dikontrol penuh dengan keluarkan peraturan darurat baru.
Menteri Dalam Negeri, memastikan semua kepala daerah melaporkan semua informasi hanya ke Badan ini, tidak ke pers luar. Dan memastikan situasi ini tidak dipolitisasi.
Menteri Keamanan, bersama TNI dan Polri, membuat rencana keamanan bersama, termasuk melakukan eksekusi hukum kepada pembuat hoax.
Federal Emergency dipimpin langsung oleh Presiden, yang kemudian jumpa pers bersama mengumumkan keberadaan badan itu.
Dan akhirnya virus datang ke negara itu..
Karena semua informasi hanya melalui satu pintu, semua kepanikan bisa dikontrol pemerintah. Rush yang dikhawatirkan tidak terjadi. Orang tetap menjalan aktivitas seperti biasa karena media sosial dikawal penuh.
Dibandingkan banyak negara tetangga, negara ini lebih siap menghadapi bencana yang datang. Karena kontrol di pusat, akhirnya semua terkendali.
Negara manakah itu ?
Indonesia.
Nanti ketika negeri ini paham bahwa INFORMASI adalah KUNCI.
Informasi yang dikontrol penuh akan membuat persepsi menjadi satu. Tidak liar dan membangun tafsiran-tafsiran tak benar.
Entah sampai kapan pemerintah belajar. Negara kita lebih sibuk jadi pemadam kebakaran, daripada bersiap ketika api belum menjadi besar
Seruput kopinya, kawan..

Artikel Terpopuler