Minggu, 05 Mei 2019

TERMINAL SUCI ITU BERNAMA RAMADHAN

Ramadhan
Tahukah kamu indahnya bulan Ramadhan? Inilah bulan tersuci dari seluruh bulan lainnya.
Ramadhan disebut suci karena ia ditetapkan Tuhan sebagai sebuah terminal, tempat manusia membersihkan dirinya setelah selama setahun penuh bermandikan lumpur kenikmatan dan kemaksiatan dunia.
Bulan ini adalah bulan pahala, dimana semua dilipatgandakan dengan kenikmatan tiada tara. Bulan Ramadhan adalah bukti sifat Maha Kasih SayangNya, yang tidak ingin hambaNya selalu berlumur lumpur tanpa pernah diberi kesempatan membersihkan dirinya.
Itulah kenapa Ramadhan sering disebut sebagai "terminal suci". Tempat manusia sejenak berhenti. Dan mulai mengupas dirinya kembali. Apakah jalanku benar selama ini? Atau aku sejatinya berubah menjadi hewan tanpa aku sadari ?
Bersih tidaknya diri kita, tergantung seberapa besar usaha kita untuk mensucikan diri. Puasa hanyalah sarana, untuk membantu manusia membersihkan dirinya dengan mengekang nafsu yang selama ini menjajah kita.
Ramadhan adalah untuk kita. Para manusia. Ia adalah fasilitas penuh yang tersedia untuk mendapatkan rahmatNya. Itulah kenapa Tuhan menitipkan pengingat, "Nikmat mana lagikah yang kau dustakan, wahai para hamba ?"
Selamat menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga kita kembali menjadi manusia yang memulyakan manusia lainnya.

Artikel Terpopuler