Jumat, 28 Februari 2020

ASYIKK.. DAPAT 72 MILIAR!

Pariwisata
Dana Segar
Jakarta - Malam ini wa saya tiba-tiba sibuk... Saya dapat kiriman berita media online dengan judul "Redam dampak virus Corona, Jokowi kucurkan 72 M untuk influencer".
Dan kiriman wa itu tentu dengan sindiran-sindiran, "Wah, jadi influencer ternyata kaya ya. Apalagi kalau jadi influencer Jokowi.." dan banyak lagi.
Tumben si teman-teman itu nyebut saya influencer, biasanya buzzer. Nah, saya dianggap influencer dan karena berita itu dianggap mau dapat bagian dari 72 miliar untuk influencer. Saya jelas gak GR, karena tadi habis ngobrol sama teman masalah ini.
Virus Corona di China, ternyata berdampak serius pada ekonomi dunia. Indonesia juga kena. Dampak paling serius adalah pariwisata.
Setiap isu bahwa "negara A terpapar Corona" langsung menurunkan tingkat wisata di negara itu. Gada yang mau datang ke negara itu. Selain itu, orang juga membatasi bepergian keluar negeri karena takut kena virus.
Dari 11 juta turis ke Indonesia, 11 persennya dari China. Dan karena masalah Corona ini, 2 juta turis China batal kesini yang berarti pendapatan dari sektor pariwisata hilang.
Dan Bali terdampak paling parah, karena pendapatan utama Bali dari sektor pariwisata.
Nah, untuk menggenjot wisatawan dari luar negeri ke Bali dan daerah pariwisata lainnya, pemerintah rencana mengucurkan dana 300 miliar rupiah. Dana itu untuk promosi wisata, diskon tiket dll.
Dan dari dana 300 miliar itu, ada dana influencer 72 miliar. Influencer yang dimaksud tentu bukan influencer lokal, tapi influencer internasional. Mereka diminta datang dan promosi ke dunia, bahwa Indonesia baik-baik saja.
Ini upaya pemerintah untuk menaikkan sektor pariwisata. Pemerintah bahkan mau rapat di Bali untuk menggenjot pariwisata disana.
Tapi namanya media online, mereka butuh klikbait supaya orang mau berkunjung ke webnya. Akhirnya yang ditulis cuman influencernya doang.
Saya sih senang-senang aja kalo dikasi duit apalagi sampe miliaran. Lumayan, bisa beli Lamborghini seri terbaru hanya dengan video dan tulisan doang. Tapi ya itu, karena hanya main di politik dan gak di pariwisata, ya gigit celana.
Influencer terkaya sampai sekarang ini yang saya tahu Eko Kuntadhi. Dia baru saja membeli rumah di Pondok Indah sebesar 50 miliar. Dia juga barusan beli aset di Menteng, di Teuku Umar dan di jalan Cendana.
Saya tanya, "Lu kok kaya gitu, ko. Kerja lu apa?" Dia jawab, "Alah.. tinggal kocok dadu doang.." Ternyata Monopoli, saudara.
Enaknya jadi influencer internasional emang gitu. Kalo gua cuman in flu encer alias ingusan karena dampak cuaca ekstrim.
Harus banyak minum air putih dan jauhi kopi. Jadi gak bisa seruputtt...

Artikel Terpopuler