Rabu, 13 Mei 2020

Kambing Hitam Anies Baswedan

Anies Baswedan
Foto Anies Baswedan
Jakarta - Saya punya teman mirip ma Anies Baswedan.. Dia itu sebenarnya gak bisa kerja, tapi kalo teori pintar. Kalau dengar omongannya berasa semua keren dan masuk akal.
Nah, ketika kemudian saya dan beberapa teman sepakat, "Oke, kalau gitu you yang kerjain ya..". Dan baru kami tahu kalau perkara eksekusi itu gak segampang cocot bicara.
Seorang eksekutor itu harus punya kemampuan manajerial, kemampuan mendelegasikan pekerjaan dan kemampuan mengendalikan pelaksana pekerjaan. Dan ini tidak bisa dipelajari dengan teori di buku, ini harus diasah di lapangan.
Masalahnya temanku ini tidak mau mengakui kalau dia tidak mampu. Dia terus berkelit dengan menyalahkan orang lain, menyalahkan situasi bahkan menyalahkan pekerjaannya.
Semua dia salahkan, bahkan sampai dia menyalahkan kami yang kasih dia kerjaan. Lha, kok kami yang kasih kerjaan disalahkan ? Aneh, kan ?
Alhasil, hancur semua bisnis. Semua tidak gerak dan tidak terkoordinasi. Kami nyesal, karena dulu terpesona dengan mulut manis dan segala teorinya. Akhirnya usahanya bubar.
Lama gak ketemu, kami dengar kalo teman yang mirip Anies Baswedan itu jadi pengajar. Kami semua senyum, memang tempatnya disitu. Ternyata memang ada perbedaan besar antara teori dan praktek di lapangan.
Tapi setidaknya waktu itu kami dapat pelajaran, bahwa ketika mau berinvestasi itu jangan selalu melihat "apa" yang dikerjakan, tapi juga "siapa" yang mengerjakan. Kami belajar untuk berinvestasi pada "orang".
Jadi bukan salahnya Anies kalau dia kacau balau. Salahnya ada para pemilihnya yang mudah tertipu dengan kata manis, tanpa melihat latar belakang apa yang pernah ia kerjakan.
Dan seperti teman saya, Anies akan selalu begitu, sibuk menyalahkan siapa saja yang harus dia salahkan, kecuali dirinya sendiri.
Sama seperti ketika dia menyalahkan pemerintah pusat ke media Australia.
Paling kalau dia merasa, "ah, kayaknya gua salah nih.." dia langsung jalan-jalan ke Ragunan. Mungkin cari inspirasi, selain kambing hitam, binatang apa lagi yang bsia dihitamkan..
Selain dia tentunya..
Seruput dulu ah, mumpung masih malam..

Artikel Terpopuler