Jumat, 02 April 2021

LONE WOLF, TERORIS SENDIRIAN

Lone Wolf, Teroris Sendirian
Zakiah Aini, Lone Wolf
Salah satu model teroris yang paling susah di deteksi adalah mereka yang dijuluki dengan nama Lone Wolf.

Lone wolf ini bukan nama organisasi teroris. Ini julukan kepada teroris yang tidak terikat organisasi teroris apapun. Dia penyendiri. Belajar segala macam hal tentang terorisme dari internet, mulai pemahaman sampai membuat bom. Mereka bisa terpicu melakukan aksi terorisme karena bersimpati pada sesuatu atau seseorang. Misalnya, simpati pada Riziek Shihab yang dianggapnya cucu Nabi yang teraniaya.

Ingat kejadian penusukan polisi di Tangerang tahun 2016 lalu? Waktu itu, tiba-tiba saja seorang pemuda menyerang dan menusuk 3 orang polisi yang kemudian terluka parah. Pemuda ini bersimpati pada ISIS dan menganggap polisi halal darahnya, sehingga dia menyerang polisi secara acak.

Kejadian di Mabes Polri kemarin, sudah diidentifikasi sebagai lone wolf. Dan dia bersimpati pada ISIS dari jejak media sosialnya. Lone wolf tidak perlu alasan apapun untuk menyerang. Dia bisa bergerak kapan saja, karena tujuan utamanya memang mati di "medan jihad".

Fenomena lone wolf ini terjadi di seluruh dunia. Mereka gak bisa di deradikalisasi, karena memang mereka tidak tergabung dalam sebuah organisasi teroris. Lone wolf bisa jadi adalah seseorang yang frustasi karena tekanan dalam hidupnya. Internet dia jadikan guru agamanya. Dari sana, dia bersimpati pada gerakan2 yang dianggapnya revolusioner sebagai jalan perjuangan.

Mereka bisa jadi tetangga, bahkan mungkin saudara kita sendiri, yang mendadak jadi pendiam dan fokus mencari ilmu agama di internet. Mirip Zakiah teroris wanita di Mabes, yang kemudian mengirim surat dan menguliahi orangtuanya tentang agama.

Menurut penelitian, para lone wolf ini punya gangguan kejiwaan. Mereka cenderung penyendiri, antisosial dan tidak punya banyak teman. Dalam situasi itulah, seorang lone wolf tiba-tiba bisa memutuskan sendiri apa yang harus dia lakukan, makanya sulit dicari motifnya atau motifnya acak karena apapun bisa dijadikannya motif. Motif tidak penting buat lone wolf, asal dia bisa mati di "jalan Tuhan".

Cuman, saya kok males ya kasih julukan si kadrun itu lone wolf. Terlalu gagah buat mereka yang tampangnya lusuh dimana2. Mending kukasih nama Lone Dhab. Dhab artinya kadal gurun. Jadi dia kadal gurun penyendiri. Sial banget emang. Udah kadrun, jomblo pulak.

Gitu idup lagi...

Artikel Terpopuler