Selasa, 17 Agustus 2021

ANTARA TALIBAN, CHINA DAN IRAN

Delegasi Taliban Kunjungi China
Delegasi Taliban Kunjungi China
Taliban berkawan dengan China, kenapa ngga?

Bahkan bukan saja dengan China, Taliban juga mulai berkawan dengan Iran. Padahal Iran itu negara Syiah, sedangkan Taliban itu Sunni garis keras. Mereka dulu musuh bebuyutan. Bahkan tahun 1998, Iran hampir saja memerintahkan serangan militer ke Afghanistan - yang dulu dipimpin Taliban - karena serangan yang menewaskan 11 orang diplomat Iran di Afghanistan utara.

Lalu jika dengan Iran yang Syiah saja Taliban mau mendekat, kenapa tidak dengan China ? China tidak punya sejarah konflik apapun dengan Taliban. Apalagi China itu urusannya bisnis, bukan ideologi. Mau Taliban bikin negara Islam kek, mau bikin kerajaan kek, gak penting buat China. Yang penting, cuan nggak ? Itu aja.

Apa yang menyebabkan terjadi perkawanan antara Taliban dengan China dan juga Iran ?

Jawabannya cuma satu. Amerika. Ya, Amerika adalah musuh bersama China, Iran dan juga Taliban.

Buat China, yang sedang melebarkan sayapnya, Amerika adalah musuh besarnya. China ingin menggantikan Amerika sebagai negara superpower. China ingin mata uangnya Renmimbi menggantikan dollar sebagai mata uang internasional. China ingin proyek utamanya jalur jalan raya dan kereta api antara China dan Pakistan, berjalan mulus. Karena itu, Amerika harus ditendang dari Afghanistan. Yang terbaik supaya itu bisa terwujud, ya bekerjasama dgn Taliban.

Sedangkan buat Iran, adalah masalah keamanan. Iran berbatasan dgn Afghanistan. Pangkalan militer Amerika di Afghanistan sangat mengganggu Iran, karena rencananya akan dipakai oleh Amerika sebagai bagian dr titik militer ketika nanti hendak menyerang Iran. Iran dan Amerika sudah sejak tahun 1981 bermusuhan. Sejak Syah Reza Pahlevi ditendang oleh Ayatullah Khomeini, dan Amerika hengkang dari Iran.

Taliban juga musuhan ma Amerika, padahal dulunya berkawan. Taliban dibentuk tahun 1994 dengan bantuan Amerika - lewat Saudi - untuk merebut Afghanistan. Eh tahun 2001, perkawanan mereka pecah karena Amerika mengusir Taliban dr Afghanistan. Alasan Amerika sederhana, Taliban menyembunyikan Osama bin Laden.

Jadi China, Iran dan Taliban punya musuh bersama, yaitu Amerika. Maka mereka bersatu mengusir Amerika dari Afghanistan lewat tangan Taliban.

Apakah sesudah Amerika pergi, China, Iran dan Taliban akan tetap berkawan ? Bisa iya, bisa tidak. Selama ketiganya tetap bisa menghormati, tidak saling mengancam, saling menguntungkan, maka perdamaian di daerah itu bisa terwujud. China juga butuh supaya Taliban tidak ekstrim seperti dulu. Karena China ingin investasinya aman. Selama Taliban butuh duit China, maka bisa jadi mereka akan berubah tidak sekejam dan sekeras dulu.

Jadi apa dong nama perkawanan mereka bertiga ini ? Jawabnya gampang. Enemy of my enemy is my friend. Atau musuh dari musuhku adalah temanku.

Sesederhana itu. Seperti sederhananya menyeruput kopi dgn ditemani sebatang rokok sebagai pengantar tidur..

Yang bingung itu kadrun. Mereka mendukung Taliban, tapi kok Taliban berkawan dengan China komunis ? Mereka cinta Taliban, tapi kok Taliban berteman dgn Syiah sesat ? Jadi gimana ini ?? Akhirnya pada garuk2 jenggotnya yang dibuat gelantungan para bidadari..

Mereka sama sekali gak paham bagaimana peta politik luar negeri.

Artikel Terpopuler