Senin, 16 Agustus 2021

SECANGKIR KOPI SORE HARI

Denny Siregar
Denny Siregar
Dear, temanku..

Aku tahu ini masa sulit bagimu dan banyak orang juga. Aku juga pernah berada pada situasi itu, bahkan mungkin keadaanku jauh lebih sulit daripadamu.

Tapi satu prinsip yang kupegang, aku pantang meminta apalagi mengemis pada orang. Buatku harga diri seorang lelaki itu mahal harganya. Lebih baik aku menjual apapun yang kupunya, meski itu barang yang kuanggap paling berharga.

Kalaupun akhirnya harus meminjam, aku pinjam untuk makan. Itupun akan kukembalikan bagaimanapun caranya. Karena ketika seseorang meminjamkan kita uang, dia sudah tulus berkawan. Jangan rusak nilai persaudaraan dengan bertindak curang.

Jadi berhentilah mengeluh. Situasi sulit itu bukan musibah. Itu cara Tuhan melatih kaki2 kita, supaya tumbuh menjadi orang yang mentalnya terasah. Mental itu terbuat dari baja, bukankah seharusnya ia setiap hari ditempa?

Dan kelak, ketika Tuhan melentingkan dirimu ke tempat yang tinggi, pelajaran kesulitan yang kau dapat hari ini, akan menjadikan dirimu orang yang stabil dan welas asih. Karena tidak ada pelajaran yang paling membekas selain peristiwa. Tuhan tidak mengajarkan kita dengan kata-kata.

Sini, seruput kopinya. Hapus keluhanmu. Malu kalau didengar orang yang tiap hari hidupnya dihajar sampai kakinya hampir lumpuh, tapi senyumnya masih tetap mengembang menghias wajahnya.

Seruput?

Artikel Terpopuler