Sabtu, 18 April 2020

KARTU PRA KERJAKARTU PRA KERJA

Pekerja
Pekerja
Jakarta - Teman saya memaki-maki tentang masalah kartu pra kerja itu.. "Gile. Enak banget perusahaan si stafsus milenial dapat uang 5,6 triliun dari anggaran kartu pra kerja!".
Saya pun jadi tertarik untuk meneliti, apa sih kartu pra kerja itu? Apa benar perusahaan-perusahaan seperti Tokopedia, Bukalapak, RuangGuru dll dapat uang segitu besar?
Sesudah saya baca pelan-pelan, ternyata ngga juga. Uang 5,6 trilyun rupiah memang dikeluarkan pemerintah, tapi gak disalurkan ke perusahaan-perusahaan unicorn itu.
"Lho, disalurkan ke siapa dong?".
Jadi gini ceritanya, jangan ngamuk dulu dong..
Pemerintah menganggarkan Rp. 20 triliun untuk 5,6 juta peserta pelatihan tenaga kerja. Nah, masing-masing peserta dapat uang Rp. 3,55 juta/ orang.
Dari Rp. 3,55 juta itu, yang Rp. 1 juta harus buat ikut pelatihan kerja. Catat dulu ya..
Sisanya, yaitu Rp. 2,55 juta untuk biaya hidup mereka, sebesar Rp. 600 ribu/orang per bulan selama 4 bulan.
Jadi, peserta pelatihan dapat uang saku setiap bulan untuk bertahan hidup selama mereka ikut pelatihan. Selain itu mereka juga dapat Rp. 150 rb untuk uang survey.
Nah, dari uang Rp. 1 juta untuk pelatihan itu, si peserta bebas memilih pelatihan dari 8 mitra yang ditunjuk. Siapa aja? Ya, ada Bukalapak, ada Tokopedia dan ada juga Ruang Guru.
Jadi bukan uang Rp. 1 juta dikalikan 5,6 juta peserta -totalnya 5,6 trilyun rupiah- dikucurkan langsung ke perusahaan- perusahaan Unicorn itu.
Peserta bebas menggunakan uangnya yang Rp. 1 juta, mau milih pelatihan dimana saja dari 8 mitra pelatihan itu.
"Kenapa kok cuman 8 mitra aja? Ini pasti kongkalikong.."
Bukan. Tapi karena perusahaan online yang siap di masa Pandemi ini, sementara ya cuma 8 perusahaan itu.
Nanti pasti ditambah, jadi Rp. 5,6 trilyun buat pelatihan itu akan tersebat merata bukan saja ke 8 mitra. Kalau siap 80 mitra atau 800 mitra, ya peserta akan pilih pelatihan kesana.
Keputusan menggunakan uang Rp. 3,55 juta yang diberikan pemerintah itu, ya sudah terserah peserta pelatihan. Pemerintah hanya kasih uang dan menetapkan aturan. Itu aja..
"Alah cebong. Penjilat. Buzzer bayaran!!"
Lah, dijelasin kok... Emang lu udah daftar, entar ketinggalan. Lu kan nganggur 3 tahun ini. Gak mau apa dapat Rp. 600 ribu/ bulan?
"Gua DM ya. Gimana sih cara daftarnya?"
Hwarakadahhhh... Butuh juga ternyata.. Bentar mau nyeruput kopi dulu.. Lanjut ke tulisan berikutnya LAGI KARTU PRA KERJA

Artikel Terpopuler