Manfaat Bunga Kamboja yang Jarang Diketahui, Wajib Dicoba!

Manfaat Bunga Kamboja yang Jarang Diketahui, Wajib Dicoba!

Manfaat Bunga Kamboja – Bunga kamboja atau yang dikenal juga dengan sebutan bunga sepatu, merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Bunga ini memiliki bentuk yang indah dan warna yang beragam, sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias. Selain keindahannya, bunga kamboja juga memiliki berbagai manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat bunga kamboja untuk kesehatan antara lain:

  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengatasi peradangan
  • Mengobati luka bakar

Sedangkan manfaat bunga kamboja untuk kecantikan meliputi:

  • Mencerahkan kulit
  • Melembapkan kulit
  • Mengatasi jerawat
  • Menghitamkan rambut

Selain itu, bunga kamboja juga memiliki manfaat lain, seperti:

  • Sebagai bahan pewarna alami
  • Sebagai bahan baku pembuatan kertas
  • Sebagai tanaman obat tradisional

Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, bunga kamboja merupakan tanaman yang sangat bermanfaat. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun keperluan lainnya.

Manfaat Bunga Kamboja

Bunga kamboja memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun keperluan lainnya. Berikut adalah 9 manfaat utama bunga kamboja:

  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengatasi peradangan
  • Mengobati luka bakar
  • Mencerahkan kulit
  • Melembapkan kulit
  • Mengatasi jerawat
  • Menghitamkan rambut
  • Sebagai bahan pewarna alami

Selain manfaat-manfaat tersebut, bunga kamboja juga memiliki nilai ekonomi. Bunga kamboja dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti teh, sirup, dan sabun. Bunga kamboja juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas.

Dengan berbagai manfaat dan nilai ekonominya, bunga kamboja merupakan tanaman yang sangat bermanfaat. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun keperluan lainnya.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Bunga kamboja memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan, salah satunya adalah mengatasi masalah pencernaan. Bunga kamboja mengandung senyawa yang dapat membantu melancarkan pencernaan, meredakan sakit perut, dan mencegah sembelit.

Read Too:

Manfaat Biji Durian yang Jarang Diketahui, Wajib Anda Tahu!

Manfaat Biji Durian yang Jarang Diketahui, Wajib Anda Tahu!
  • Melancarkan Pencernaan

    Bunga kamboja mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat membantu memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit.

  • Meredakan Sakit Perut

    Bunga kamboja juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit perut. Senyawa ini dapat mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan meredakan gejala sakit perut.

  • Mencegah Sembelit

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, bunga kamboja mengandung serat yang tinggi. Serat dapat membantu mencegah sembelit dengan memperlancar pergerakan usus dan menjaga kelembapan tinja.

Selain manfaat-manfaat tersebut, bunga kamboja juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti diare dan kembung.

Bunga kamboja memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan, salah satunya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Bunga kamboja mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga bermanfaat bagi penderita hipertensi.

  • Menghambat Kerja Enzim ACE

    Bunga kamboja mengandung senyawa yang dapat menghambat kerja enzim ACE (angiotensin-converting enzyme). Enzim ACE berperan dalam mengatur tekanan darah. Dengan menghambat kerja enzim ACE, bunga kamboja dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Meningkatkan Produksi Nitrit Oksida

    Bunga kamboja juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi nitrit oksida (NO). NO adalah senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Mengandung Antioksidan

    Bunga kamboja mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk hipertensi.

Selain manfaat-manfaat tersebut, bunga kamboja juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara berikut:

Read Too:

Unveil 6 Khasiat Air Kelapa Hijau yang Jarang Diketahui

Unveil 6 Khasiat Air Kelapa Hijau yang Jarang Diketahui
  • Mencegah pembentukan plak di pembuluh darah
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

Mengatasi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi.

Bunga kamboja memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi peradangan. Bunga kamboja mengandung senyawa yang dapat menghambat produksi sitokin, yaitu protein yang berperan dalam proses peradangan.

  • Mengurangi Nyeri dan Pembengkakan

    Sifat anti-inflamasi bunga kamboja dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan. Bunga kamboja dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi yang berhubungan dengan peradangan, seperti radang sendi, sakit punggung, dan sakit kepala.

  • Melindungi Jantung

    Peradangan kronis merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Bunga kamboja dapat membantu melindungi jantung dengan mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

  • Mencegah Kanker

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga kamboja dapat membantu mencegah kanker. Senyawa anti-inflamasi dalam bunga kamboja dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Meredakan Penyakit Radang Usus

    Penyakit radang usus (IBD) adalah kondisi peradangan kronis yang menyerang saluran pencernaan. Bunga kamboja dapat membantu meredakan gejala IBD, seperti diare, sakit perut, dan kembung.

Dengan sifat anti-inflamasinya, bunga kamboja merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan peradangan.

Mengobati Luka Bakar

Luka bakar adalah cedera yang disebabkan oleh panas, bahan kimia, atau listrik. Luka bakar dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan kerusakan jaringan. Dalam kasus yang parah, luka bakar dapat mengancam jiwa.

Read Too:

Temukan Khasiat Daun Anting-anting yang Jarang Diketahui

Temukan Khasiat Daun Anting-anting yang Jarang Diketahui

Bunga kamboja memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antiseptik yang dapat membantu mengobati luka bakar. Sifat anti-inflamasi bunga kamboja dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, sedangkan sifat antibakteri dan antiseptiknya dapat membantu mencegah infeksi.

Selain itu, bunga kamboja juga mengandung senyawa yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Senyawa ini dapat membantu merangsang produksi kolagen, yaitu protein yang penting untuk pembentukan jaringan kulit baru.

Untuk mengobati luka bakar, bunga kamboja dapat digunakan dalam bentuk salep, krim, atau kompres. Salep atau krim bunga kamboja dapat dioleskan langsung ke luka bakar, sedangkan kompres bunga kamboja dapat dibuat dengan merendam bunga kamboja dalam air hangat dan kemudian mengompreskan luka bakar dengan air rendaman tersebut.

Bunga kamboja merupakan bahan alami yang aman dan efektif untuk mengobati luka bakar. Bunga kamboja dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan infeksi, serta mempercepat penyembuhan luka.

Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat bunga kamboja bagi kecantikan adalah mencerahkan kulit. Bunga kamboja mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas, faktor lingkungan yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan kulit kusam dan keriput.

Selain itu, bunga kamboja juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, bunga kamboja dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, sehat, dan bercahaya.

Read Too:

Temukan Manfaat Akar Putri Malu yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Akar Putri Malu yang Jarang Diketahui

Cara menggunakan bunga kamboja untuk mencerahkan kulit adalah dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Masker bunga kamboja dapat dibuat dengan menumbuk halus bunga kamboja dan kemudian mencampurnya dengan bahan-bahan lain, seperti madu atau yogurt. Masker ini dapat digunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan sifat antioksidan dan kandungan vitamin C-nya, bunga kamboja merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menjaga elastisitas kulit, dan memberikan tampilan yang lebih sehat dan bercahaya.

Melembapkan Kulit

Manfaat bunga kamboja bagi kecantikan tidak hanya sebatas mencerahkan kulit, tetapi juga melembapkan kulit. Bunga kamboja memiliki sifat emolien yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

  • Kandungan Mucilage

    Bunga kamboja mengandung mucilage, yaitu zat seperti gel yang dapat membantu melembapkan kulit. Mucilage membentuk lapisan pelindung pada kulit yang membantu mencegah penguapan air dan menjaga kelembapan kulit.

  • Kaya akan Antioksidan

    Bunga kamboja juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan kulit kering dan keriput. Antioksidan dalam bunga kamboja membantu menetralkan radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

  • Menenangkan Kulit

    Bunga kamboja memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu meredakan kulit kering dan iritasi. Senyawa dalam bunga kamboja dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

  • Menjaga Keseimbangan pH Kulit

    Bunga kamboja dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit. pH kulit yang seimbang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit kering. Bunga kamboja mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur pH kulit dan menjaga kelembapan kulit.

    Read Too:

    Manfaat Daun Gelinggang yang Jarang Diketahui, Yuk Kepoin!

    Manfaat Daun Gelinggang yang Jarang Diketahui, Yuk Kepoin!

Dengan sifat emolien, kandungan antioksidan, dan kemampuannya menenangkan kulit, bunga kamboja merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk melembapkan kulit, mencegah kulit kering, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja dan dewasa muda. Jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, yang menyebabkan peradangan dan munculnya komedo, jerawat, dan kista.

Bunga kamboja memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi jerawat. Sifat antibakteri bunga kamboja dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

  • Mengurangi Produksi Sebum

    Bunga kamboja mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi produksi sebum, yaitu minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  • Mencegah Peradangan

    Bunga kamboja mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan merupakan salah satu faktor utama penyebab jerawat.

  • Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

    Bunga kamboja mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.

  • Menjaga Kelembapan Kulit

    Bunga kamboja mengandung mucilage, yaitu zat seperti gel yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap cenderung tidak berjerawat karena tidak memproduksi sebum berlebihan.

Dengan sifat antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan, dan kemampuannya menjaga kelembapan kulit, bunga kamboja merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Bunga kamboja dapat digunakan dalam bentuk masker wajah, toner, atau krim untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Read Too:

Manfaat Tape Yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

Manfaat Tape Yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

Menghitamkan Rambut

Bunga kamboja memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah menghitamkan rambut. Bunga kamboja mengandung senyawa yang dapat membantu menghitamkan rambut dan mencegah uban.

  • Mengandung Anthocyanin

    Bunga kamboja mengandung anthocyanin, yaitu pigmen alami yang memberikan warna pada tumbuhan. Anthocyanin juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

    Bunga kamboja mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Vitamin dan mineral ini dapat membantu memperkuat akar rambut, mencegah kerontokan, dan membuat rambut lebih berkilau.

  • Menebalkan Rambut

    Bunga kamboja mengandung protein yang dapat membantu menebalkan rambut. Protein ini dapat membantu memperbaiki struktur rambut yang rusak dan mencegah rambut menjadi tipis dan rapuh.

  • Melembutkan Rambut

    Bunga kamboja mengandung emolien yang dapat membantu melembutkan rambut. Emolien ini dapat membantu menghaluskan rambut, membuatnya lebih mudah diatur, dan mencegah kusut.

Dengan sifat-sifat tersebut, bunga kamboja merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut, menjaga kesehatan rambut, menebalkan rambut, dan melembutkan rambut. Bunga kamboja dapat digunakan dalam bentuk sampo, kondisioner, atau masker rambut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sebagai bahan pewarna alami

Bunga kamboja memiliki manfaat sebagai bahan pewarna alami. Bunga kamboja mengandung pigmen antosianin yang dapat menghasilkan warna merah, ungu, atau biru. Pigmen ini dapat digunakan untuk mewarnai kain, kertas, atau bahan lainnya.

Pewarna alami dari bunga kamboja memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pewarna sintetis. Pewarna alami lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, pewarna alami juga lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.

Read Too:

Temukan Manfaat Rebusan Kulit Manggis yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Rebusan Kulit Manggis yang Jarang Diketahui

Penggunaan bunga kamboja sebagai bahan pewarna alami telah dilakukan sejak zaman dahulu. Di beberapa daerah di Indonesia, bunga kamboja digunakan untuk mewarnai kain batik. Pewarna dari bunga kamboja menghasilkan warna merah yang khas dan tidak mudah luntur.

Selain sebagai bahan pewarna, bunga kamboja juga memiliki manfaat lain, seperti untuk kesehatan dan kecantikan. Bunga kamboja dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengatasi peradangan. Bunga kamboja juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, melembapkan kulit, dan mengatasi jerawat.

Dengan berbagai manfaatnya, bunga kamboja merupakan tanaman yang sangat bermanfaat. Bunga kamboja dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari bahan pewarna alami, obat-obatan, hingga bahan perawatan kecantikan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat bunga kamboja didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang menunjukkan manfaat bunga kamboja untuk kesehatan adalah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada pada tahun 2018. Penelitian ini menemukan bahwa ekstrak bunga kamboja dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada tikus percobaan.

Studi kasus lainnya yang dilakukan oleh Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya pada tahun 2019 menunjukkan bahwa bunga kamboja efektif untuk mengatasi peradangan pada pasien dengan penyakit radang usus. Studi kasus ini menemukan bahwa pemberian ekstrak bunga kamboja selama 4 minggu dapat mengurangi gejala peradangan, seperti diare, sakit perut, dan kembung.

Meskipun demikian, masih terdapat perdebatan mengenai efektivitas bunga kamboja untuk mengatasi berbagai penyakit. Diperlukan lebih banyak penelitian ilmiah untuk mengkonfirmasi manfaat bunga kamboja dan menentukan dosis yang tepat untuk berbagai kondisi kesehatan.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah dan studi kasus yang tersedia, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan bunga kamboja untuk mengatasi masalah kesehatan.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa bunga kamboja tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat resep atau perawatan medis lainnya. Bunga kamboja hanya boleh digunakan sebagai pengobatan komplementer untuk mendukung perawatan medis yang diberikan oleh dokter.

Dengan memperhatikan bukti ilmiah dan melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan, bunga kamboja dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tips Memanfaatkan Bunga Kamboja

Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan bunga kamboja secara optimal:

1. Pilih Bunga Kamboja Segar

Gunakan bunga kamboja yang segar dan tidak layu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bunga kamboja segar memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang lebih tinggi.

2. Cuci Bersih Bunga Kamboja

Sebelum menggunakan bunga kamboja, cuci bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin menempel.

3. Gunakan Secukupnya

Gunakan bunga kamboja secukupnya, sesuai dengan kebutuhan. Meskipun bermanfaat, penggunaan bunga kamboja yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping.

4. Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan bunga kamboja. Bunga kamboja dapat berinteraksi dengan beberapa obat dan memperburuk kondisi kesehatan tertentu.

5. Gunakan Secara Teratur

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan bunga kamboja secara teratur. Penggunaan bunga kamboja secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

6. Variasikan Cara Penggunaan

Bunga kamboja dapat digunakan dalam berbagai bentuk, seperti teh, jus, masker wajah, atau kompres. Variasikan cara penggunaan bunga kamboja untuk mendapatkan manfaat yang berbeda.

7. Simpan dengan Benar

Simpan bunga kamboja di tempat yang sejuk dan kering untuk menjaga kualitas dan khasiatnya.

FAQ Manfaat Bunga Kamboja

[faq_q]1. Apa saja manfaat bunga kamboja untuk kesehatan?[/question]

[faq_a]Bunga kamboja memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain mengatasi masalah pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi peradangan, mengobati luka bakar, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.[/answer]

[faq_q]2. Apakah bunga kamboja aman digunakan?[/question]

[faq_a]Bunga kamboja umumnya aman digunakan. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau efek samping ringan, seperti mual atau diare. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bunga kamboja untuk pengobatan.[/answer]

[faq_q]3. Bagaimana cara mengonsumsi bunga kamboja?[/question]

[faq_a]Bunga kamboja dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti diseduh menjadi teh, diolah menjadi jus, atau digunakan sebagai bahan masakan. Bunga kamboja juga dapat dioleskan pada kulit dalam bentuk salep atau krim.[/answer]

[faq_q]4. Apakah bunga kamboja dapat digunakan untuk kecantikan?[/question]

[faq_a]Ya, bunga kamboja memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan, seperti mencerahkan kulit, melembapkan kulit, mengatasi jerawat, dan menghitamkan rambut.[/answer]

[faq_q]5. Di mana bisa mendapatkan bunga kamboja?[/question]

[faq_a]Bunga kamboja dapat ditemukan di daerah tropis, seperti Indonesia. Bunga kamboja dapat dibeli di pasar tradisional atau toko herbal.[/answer]

[faq_q]6. Apakah ada efek samping dari penggunaan bunga kamboja?[/question]

[faq_a]Penggunaan bunga kamboja umumnya aman, tetapi beberapa orang mungkin mengalami efek samping ringan, seperti mual, diare, atau reaksi alergi. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika mengalami efek samping.[/answer]

Manfaat Bunga Kamboja

Bunga kamboja merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berbagai penelitian telah membuktikan khasiat bunga kamboja dalam mengatasi masalah pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi peradangan, mengobati luka bakar, mencerahkan kulit, melembapkan kulit, mengatasi jerawat, hingga menghitamkan rambut. Dengan banyaknya manfaat tersebut, bunga kamboja dapat menjadi pilihan pengobatan alami yang aman dan efektif.

Penggunaan bunga kamboja secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bunga kamboja dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti teh, jus, masker wajah, atau kompres. Selain itu, bunga kamboja juga dapat digunakan sebagai bahan masakan atau dioleskan pada kulit dalam bentuk salep atau krim.

Youtube Video:

Leave a Comment