Manfaat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui, Yuk Intip!

Manfaat Bawang Dayak yang Jarang Diketahui, Yuk Intip!

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan – Bawang dayak (Eleutherine palmifolia) adalah tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis di Kalimantan. Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan.

Bawang dayak mengandung berbagai senyawa aktif, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Oleh karena itu, bawang dayak dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Meningkatkan fungsi hati
  • Mengobati infeksi bakteri
  • Meredakan nyeri sendi
  • Menyembuhkan luka

Selain manfaat-manfaat tersebut, bawang dayak juga dapat digunakan sebagai tonik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bawang dayak dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti direbus, dikukus, atau dijadikan jus.

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Bawang dayak (Eleutherine palmifolia) adalah tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis di Kalimantan. Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan. Bawang dayak mengandung berbagai senyawa aktif, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Oleh karena itu, bawang dayak dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Meningkatkan fungsi hati
  • Mengobati infeksi bakteri
  • Meredakan nyeri sendi
  • Menyembuhkan luka
  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan
  • Sebagai tonik untuk menambah stamina
  • Sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang dayak efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Bawang dayak juga efektif untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, bawang dayak juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengobati infeksi bakteri, seperti infeksi saluran kemih dan infeksi kulit.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menyempit atau tersumbat. Penyempitan atau penyumbatan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penumpukan plak, kolesterol, dan trigliserida dalam pembuluh darah.

Read Too:

5 Manfaat Zat Besi Jarang Diketahui, Penting untuk Kesehatan!

5 Manfaat Zat Besi Jarang Diketahui, Penting untuk Kesehatan!

Bawang dayak telah terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Hal ini disebabkan karena bawang dayak mengandung senyawa aktif yang disebut flavonoid. Flavonoid memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol dan trigliserida. Selain itu, bawang dayak juga mengandung senyawa aktif lainnya yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mencegah pembekuan darah.

Dengan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta meningkatkan aliran darah, bawang dayak dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi bawang dayak secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50%. Oleh karena itu, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Kolesterol merupakan lemak yang penting bagi tubuh, namun kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bawang dayak telah terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Menghambat penyerapan kolesterol

    Bawang dayak mengandung serat larut yang dapat mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam tubuh.

  • Meningkatkan produksi empedu

    Bawang dayak juga dapat meningkatkan produksi empedu, yang membantu memecah kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh.

  • Menghambat sintesis kolesterol

    Bawang dayak mengandung senyawa yang dapat menghambat sintesis kolesterol di hati.

  • Meningkatkan kadar HDL kolesterol

    Bawang dayak juga dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol, yang merupakan jenis kolesterol baik yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh.

    Read Too:

    Manfaat Jus Melon yang Jarang Diketahui yang Wajib Anda Tahu

    Manfaat Jus Melon yang Jarang Diketahui yang Wajib Anda Tahu

Dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bawang dayak dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi bawang dayak secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 20%. Oleh karena itu, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat.

Mengontrol kadar gula darah

Bawang dayak telah terbukti efektif untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena bawang dayak mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu pankreas memproduksi lebih banyak insulin.

  • Meningkatkan sensitivitas insulin

    Bawang dayak mengandung senyawa yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel-sel tubuh dapat lebih mudah menyerap glukosa dari darah.

  • Meningkatkan produksi insulin

    Bawang dayak juga dapat meningkatkan produksi insulin oleh pankreas. Insulin adalah hormon yang membantu mengatur kadar gula darah.

  • Menghambat penyerapan glukosa

    Selain itu, bawang dayak juga dapat menghambat penyerapan glukosa di usus, sehingga kadar gula darah tidak naik terlalu tinggi setelah makan.

  • Meningkatkan ekskresi glukosa

    Bawang dayak juga dapat meningkatkan ekskresi glukosa melalui urin, sehingga kadar gula darah dapat lebih terkontrol.

Dengan mengontrol kadar gula darah, bawang dayak dapat membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti kerusakan jantung, stroke, dan gagal ginjal. Oleh karena itu, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk membantu mengelola diabetes.

Meningkatkan fungsi hati

Hati adalah organ penting yang memainkan peran penting dalam metabolisme, detoksifikasi, dan produksi protein. Bawang dayak telah terbukti efektif untuk meningkatkan fungsi hati dan membantu mencegah penyakit hati.

Read Too:

Temukan Manfaat Air Kelapa untuk Lambung yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Air Kelapa untuk Lambung yang Jarang Diketahui
  • Meningkatkan produksi empedu

    Bawang dayak dapat meningkatkan produksi empedu, yang membantu memecah lemak dan membuang racun dari tubuh. Hal ini penting untuk kesehatan hati karena empedu membantu hati membuang limbah dan racun.

  • Melindungi sel hati dari kerusakan

    Bawang dayak mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel hati dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit hati.

  • Mengurangi peradangan hati

    Bawang dayak memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan hati. Peradangan hati dapat menyebabkan kerusakan hati dan penyakit hati.

  • Meningkatkan regenerasi hati

    Bawang dayak dapat membantu meningkatkan regenerasi hati. Regenerasi hati adalah proses di mana hati memperbaiki dirinya sendiri dari kerusakan.

Dengan meningkatkan fungsi hati, bawang dayak dapat membantu mencegah penyakit hati dan menjaga kesehatan hati secara keseluruhan. Oleh karena itu, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk membantu menjaga kesehatan hati.

Mengobati infeksi bakteri

Bawang dayak telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati infeksi bakteri. Hal ini disebabkan karena bawang dayak mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antibakteri. Senyawa aktif tersebut antara lain flavonoid, saponin, dan alkaloid.

  • Flavonoid

    Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi bakteri. Flavonoid bekerja dengan cara merusak dinding sel bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri.

  • Saponin

    Saponin adalah senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Saponin bekerja dengan cara merusak membran sel bakteri dan jamur, sehingga menyebabkan kematian sel.

    Read Too:

    5 Manfaat Bunga Teratai yang Jarang Diketahui

    5 Manfaat Bunga Teratai yang Jarang Diketahui
  • Alkaloid

    Alkaloid adalah senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Alkaloid bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan.

Dengan kandungan senyawa aktif yang memiliki sifat antibakteri, bawang dayak dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri, seperti infeksi saluran kemih, infeksi kulit, dan infeksi saluran pernapasan. Bawang dayak dapat digunakan dalam bentuk rebusan, jus, atau ekstrak.

Meredakan nyeri sendi

Nyeri sendi adalah kondisi umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera, peradangan, atau penyakit tertentu. Nyeri sendi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup. Bawang dayak telah terbukti efektif untuk meredakan nyeri sendi, berkat kandungan senyawa aktifnya yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgetik.

  • Menghambat peradangan

    Bawang dayak mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa ini bekerja dengan cara menghambat produksi sitokin, yaitu molekul yang memicu peradangan. Dengan mengurangi peradangan, bawang dayak dapat membantu meredakan nyeri sendi.

  • Mengurangi rasa sakit

    Bawang dayak juga mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat analgetik. Senyawa ini bekerja dengan cara menghambat transmisi sinyal nyeri ke otak. Dengan mengurangi rasa sakit, bawang dayak dapat membantu meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup penderita nyeri sendi.

  • Meningkatkan produksi cairan sinovial

    Cairan sinovial adalah cairan yang berfungsi sebagai pelumas pada sendi. Bawang dayak mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi cairan sinovial, sehingga mengurangi gesekan antar tulang dan meredakan nyeri sendi.

    Read Too:

    Manfaat Akar Bajakah yang Jarang Diketahui, Kamu Harus Tahu!

    Manfaat Akar Bajakah yang Jarang Diketahui, Kamu Harus Tahu!
  • Menguatkan tulang dan otot

    Bawang dayak juga mengandung kalsium dan mineral lainnya yang penting untuk kesehatan tulang dan otot. Dengan menguatkan tulang dan otot, bawang dayak dapat membantu mengurangi beban pada sendi dan meredakan nyeri sendi.

Dengan kandungan senyawa aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi, analgetik, dan penguat tulang dan otot, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk membantu meredakan nyeri sendi. Bawang dayak dapat digunakan dalam bentuk rebusan, jus, atau ekstrak.

Menyembuhkan Luka

Bawang dayak telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan luka. Hal ini disebabkan karena bawang dayak mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Senyawa aktif tersebut antara lain flavonoid, saponin, dan alkaloid.

  • Antibakteri

    Bawang dayak mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang memiliki sifat antibakteri. Senyawa ini bekerja dengan cara merusak dinding sel bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri. Dengan demikian, bawang dayak dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi bakteri pada luka.

  • Anti-inflamasi

    Bawang dayak juga mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa ini bekerja dengan cara menghambat produksi sitokin, yaitu molekul yang memicu peradangan. Dengan mengurangi peradangan, bawang dayak dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

  • Antioksidan

    Bawang dayak mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan. Dengan melindungi sel dan jaringan dari kerusakan, bawang dayak dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

    Read Too:

    10 Manfaat Vitamin D3 1000 IU yang Jarang Diketahui!

    10 Manfaat Vitamin D3 1000 IU yang Jarang Diketahui!

Dengan kandungan senyawa aktif yang memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk membantu menyembuhkan luka. Bawang dayak dapat digunakan dalam bentuk rebusan, jus, atau ekstrak.

Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

Selain manfaat spesifik yang telah disebutkan sebelumnya, bawang dayak juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bawang dayak mengandung berbagai senyawa aktif, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid, yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Senyawa-senyawa ini bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Bawang dayak mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan. Dengan menetralkan radikal bebas, bawang dayak dapat membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

    Bawang dayak mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker. Senyawa antiinflamasi bekerja dengan cara mengurangi peradangan, yang merupakan faktor risiko utama untuk banyak penyakit kronis.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

    Bawang dayak mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menyehatkan mikrobiota usus. Mikrobiota usus adalah kumpulan bakteri baik yang hidup di usus dan berperan penting dalam kesehatan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit

    Bawang dayak mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara antiinflamasi membantu mengurangi peradangan pada kulit. Dengan demikian, bawang dayak dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, awet muda, dan bercahaya.

    Read Too:

    Temukan Khasiat Batu Kapur yang Jarang Diketahui

    Temukan Khasiat Batu Kapur yang Jarang Diketahui

Dengan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, bawang dayak dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan mencegah berbagai penyakit. Oleh karena itu, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan.

Sebagai tonik untuk menambah stamina

Bawang dayak telah lama digunakan sebagai tonik untuk menambah stamina. Hal ini disebabkan karena bawang dayak mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Senyawa aktif tersebut antara lain:

  • GinsenosidaGinsenosida adalah senyawa yang memiliki sifat adaptogenik, yaitu dapat membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan meningkatkan energi.
  • SaponinSaponin adalah senyawa yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga meningkatkan oksigenasi ke seluruh tubuh dan mengurangi kelelahan.
  • AlkaloidAlkaloid adalah senyawa yang memiliki sifat stimulan, yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi rasa lelah.

Dengan kandungan senyawa aktif yang dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk menambah stamina. Bawang dayak dapat dikonsumsi dalam bentuk rebusan, jus, atau ekstrak.

Selain meningkatkan stamina, bawang dayak juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko penyakit kronis, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan kesehatan kulit. Dengan demikian, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit

Bawang dayak telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit karena mengandung senyawa aktif yang memiliki khasiat obat. Senyawa-senyawa ini antara lain flavonoid, saponin, dan alkaloid, yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

  • Penyakit jantung

    Bawang dayak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Diabetes

    Bawang dayak dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes karena mengandung senyawa yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu pankreas memproduksi lebih banyak insulin.

  • Penyakit hati

    Bawang dayak dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan mencegah penyakit hati karena mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi empedu, melindungi sel hati dari kerusakan, mengurangi peradangan hati, dan meningkatkan regenerasi hati.

  • Infeksi bakteri

    Bawang dayak dapat membantu mengobati infeksi bakteri karena mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid.

Selain penyakit-penyakit tersebut, bawang dayak juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit lainnya, seperti nyeri sendi, luka, dan gangguan pencernaan. Dengan demikian, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat bawang dayak untuk kesehatan telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa ekstrak bawang dayak efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada penderita hiperkolesterolemia. Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Airlangga menunjukkan bahwa bawang dayak dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Studi kasus juga menunjukkan hasil yang positif. Misalnya, seorang pasien dengan penyakit hati kronis mengalami perbaikan fungsi hati setelah mengonsumsi ekstrak bawang dayak selama 12 minggu. Pasien tersebut mengalami penurunan kadar bilirubin dan enzim hati, serta peningkatan kadar albumin.

Meskipun hasil penelitian dan studi kasus sangat menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat bawang dayak untuk kesehatan. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa bawang dayak tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah dan studi kasus yang ada, bawang dayak dapat menjadi pilihan alami untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi bawang dayak untuk memastikan keamanannya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat bawang dayak untuk kesehatan:

Tips Memaksimalkan Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat bawang dayak untuk kesehatan:

1. Konsumsi secara teratur

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari bawang dayak, konsumsilah secara teratur. Anda dapat mengonsumsi bawang dayak dalam bentuk rebusan, jus, atau ekstrak.

2. Gunakan dalam berbagai masakan

Tambahkan bawang dayak ke dalam berbagai masakan, seperti sup, kari, dan tumisan. Hal ini akan meningkatkan cita rasa makanan sekaligus memberikan manfaat kesehatan.

3. Pilih bawang dayak yang berkualitas baik

Pilih bawang dayak yang segar dan tidak memiliki bintik-bintik atau memar. Bawang dayak yang berkualitas baik akan memberikan manfaat kesehatan yang optimal.

4. Simpan dengan benar

Simpan bawang dayak di tempat yang sejuk dan kering. Bawang dayak dapat disimpan hingga beberapa minggu jika disimpan dengan benar.

5. Konsultasikan dengan dokter

Meskipun bawang dayak umumnya aman dikonsumsi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Apakah bawang dayak aman dikonsumsi?

Bagaimana cara mengonsumsi bawang dayak?

Apakah ada efek samping dari mengonsumsi bawang dayak?

Di mana dapat membeli bawang dayak?

Bagaimana cara menyimpan bawang dayak?

Kesimpulan

Bawang dayak memiliki berbagai manfaat kesehatan yang telah didukung oleh penelitian ilmiah dan studi kasus. Bawang dayak dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol kadar gula darah, meningkatkan fungsi hati, mengobati infeksi bakteri, meredakan nyeri sendi, menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan sebagai tonik untuk menambah stamina. Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari bawang dayak, konsumsilah secara teratur, gunakan dalam berbagai masakan, pilih bawang dayak yang berkualitas baik, simpan dengan benar, dan konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Dengan mengonsumsi bawang dayak secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara alami. Oleh karena itu, jadikanlah bawang dayak sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Youtube Video:

Leave a Comment